Univet Bantara Kelola 16 Rombel Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dlajab dan Prajab

Pada Tahun 2020 ini, Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara), mendapatkan kepercayaan dari pemerintah untuk mengelola 16 Rombongan Belajar (Rombel) mahasiswa yang mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG) Bidang Guru Sekolah Dasar dan Bimbingan Konseling. Setiap rombel terdiri atas 30 hingga 35 mahasiswa. Mereka terdiri atas 15 Rombel PPG Dalam Jabatan dan 1 Rombel PPG Pra Jabatan. Mahasiswa PPG Dalam Jabatan mengikuti pembelajaran selama 5 (lima) bulan sejak 8 Agustus 2020 hingga 20 Desember 2020. Adapun mahasiswa PPG Pra Jabatan mengikuti pembelajaran selama 2 semester, dimulai 14 September 2020 hingga 6 Agustus 2021.

Orientasi Mahasiswa PPG FKIP Univet Bantara, sebagai tanda diawalinya perkuliahan, menggunakan media konferensi virtual.
Dr. Farida Nugrahani, M.Hum., Koordinator PPG FKIP Univet Bantara

Pelaksanaan kegiatan PPG Dalam Jabatan dibiayai oleh dana APBN dan APBD yang dikelola melalui Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (Dit. P3GTK), Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen. GTK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Koordinator PPG FKIP Univet Bantara, Dr. Farida Nugrahani, M.Hum, menyampaikan bahwa dana dari APBN dipergunakan untuk program PPG Daljab Aggkatan 1 (5 rombel), Angkatan 3 (4 rombel), dan Angkatan 4 (2 rombel). Lebih lanjut, beliau mengungkapkan bahwa selain bekerja sama dengan Pemerintah Pusat, khusus untuk PPG Daljab Angkatan 2 (4 rombel), pihaknya bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kota Bandung, Kabupaten Gunung Kidul, Kabupaten Sleman, dan Kabupaten Kulon Progo untuk menggunakan dana APBD.

Pengelolaan pembelajaran PPG Daljab dan Prajab melibatkan melibatkan 43 dosen dan 45 guru Pamong yang dikelola oleh Tim Pengelola PPG Tahun 2020. Selain itu, terdapat 15 orang yang bertugas sebagai Admin untuk mengelola Learning Management System (LMS) PPG. Pengelola PPG FKIP Univet Bantara menempati ruangan di Gedung A Lantai 3 Kampus Universitas Veteran Bangun Nusantara.