Sekolah Dasar

Rumusan Capaian Pembelajaran Program Studi PPG sesuai dengan level 7 (tujuh) KKNI dan SN-Dikti. Kata kunci tingkat kemampuan kerja KKNI dan SN-Dikti level 7 adalah Mengelola sumber daya, menerapkan, minimal setara standar profesi, mengevaluasi, pengembangan strategis organisasi. Tingkat penguasaan pengetahuan sesuai Standar Isi Pembelajaran adalah menguasai teori aplikasi bidang pengetahuan dan keterampilan.

Capaian Pembelajaran Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara

  1. Sikap dan tata nilai
    • Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
    • Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam Menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
    • Berkontribusi dalam peningkatan mutu mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
    • Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa.
    • Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
    • Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
    • Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
    • Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
    • Menunjukkan        sikap bertanggung jawab atas pekerjaan     di bidang keahliannya secara mandiri.
    • Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  2. Pengetahuan
    • Menguasai teknik analisis dan pengembangan kurikulum SD sesuai perkembangan IPTEKS.
    • Menguasai teknik analisis dan desain pembelajaran (pendekatan, strategi, metode, dan teknik) dengan sesuai perkembangan IPTEKS.
    • Menguasai teknik analisis dan desain pengembangan bahan ajar serta media pembelajaran sesuai perkembangan IPTEKS.
    • Menguasai teknik pengembangan desain penilaian otentik di sekolah dasar sesuai perkembangan IPTEKS.
    • Menguasi teknik analisis dan pemecahan masalah pembelajaran di sekolah dasar.
    • Menguasai teknik analisis dan pemecahan masalah manajemen sekolah dasar.
    • Mengusai metodologi PTK dan penelitian pengembangan di sekolah dasar untuk meningkatkan keprofesionalan berkelanjutan.
    • Menguasai teknik  komunikasi verbal maupun nonverbal secara professional dengan sejawat, peserta didik, orang tua, dan masyarakat mengenai berbagai masalah belajar dan pengembangan pembelajaran.
    • Menguasai konsep-konsep kepribadian yang stabil, dewasa, arif, berwibawa, berakhlak mulia, dan menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat.
  3. Keterampilan Umum
    • Mampu bekerja di bidang kehlian pokok untuk jenis pekerjaan yang spesifik dan memiliki kompetensi kerja yang minimal setara dengan standar kompetensi kerja profesinya.
    • Mampu membuat keputusan yan independen dalam menjalankan pekerjaan profesinya berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif.
    • Mampu menyusun laporan atau kertas kerja atau menghasilkan karya desain di bidang keahliannya berdasarkan         kaidah rancangan, prosedur buku, dan kode etik.
    • Mampu mengkomunikasikan pemikiran/ argumen atau karya inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan    profesi kewirausahaan, yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika profesi, kepada masyarakat terutama masyarakat profesinya.
    • Mampu melakukan evaluasi secara kritis terhadap hasil kerja dan keputusan yang dibuat dalam melaksanakan pekerjaannya oleh dirinya sendiri dan oleh sejawat.
    • Mampu meningkatkan keahlian keprofesiannya pada bidang yang khusus.
    • Mampu meningkatkan mutu sumber       daya untuk pengembangan program strategis organisasi.
    • Mampu memimpin suatu tim kerja untuk memecahkan masalah pada bidang profesinya.
    • Mampu bekerja sama dengan profesi lain yang sebidang dalam menyelesaikan masalah pekerjaan bidang profesinya.
    • Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan masyarakat profesi dan kliennya.
    • Mampu bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang profesinya sesuai dengan kode etik profesinya.
    • Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri.
    • Mampu berkontribusi dalam evaluasi atau pengembangan kebijakan nasional dalam rangka peningkatan mutu pendidikan profesi atau pengembangan kebijakan nasional pada bidang profesinya.
    • Mampu mendokumentasikan, menyimpan,   mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data dan informasi untuk keperluan pengembangan hasil kerja profesinya.
  4. Ketrampilan Khusus
    • Mampu melakukan pengembangan kurikulum SD berdasarkan hasil analisis kurikulum yang berlaku dan dapat menunjukkan hasil analisisnya sesuai perkembangan IPTEKS.
    • Mampu merancang pembelajaran dengan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik dengan menghasilkan rancangan pembelajaran yang inovatif sesuai perkembangan IPTEKS.
    • Mampu mengembangkan bahan ajar dan media pembelajaran secara kontekstual sesuai perkembangan IPTEKS.
    • Mampu merancang penilaian otentik dan menindaklanjuti hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
    • Mampu melaksanakan pembelajaran secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi secara aktif dengan menggunakan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
    • Mampu memecahkan  masalah pembelajaran di sekolah dasar secara ilmiah berdasar hasil refleksi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
    • Mampu memecahkan masalah manajemen sekolah dasar secara partisipatif dan akomodatif untuk mewujudkan manajemen sekolah yang transparan dan akuntabel.
    • Mampu menyusun proposal PTK dan/atau penelitian pengembangan dan melaksanakannya di sekolah  dasar secara ilmiah untuk meningkatkan keprofesionalan berkelanjutan.
    • Mampu melakukan komunikasi verbal maupun non verbal secara profesional dengan sejawat, peserta didik, orangtua, dan masyarakat mengenai berbagai masalah belajar dan pengembangan pembelajaran.
    • Mampu mewujudkan dan mengembangkan kepribadian yang stabil, dewasa, arif, berwibawa, dan berakhlak mulia sehingga menjadi teladan bagi peserta didik dan masyarakat.
    • Mampu mengembangkan program strategis organisasi profesi secara internal dan eksternal untuk meningkatkan mutu sumber daya secara optimal.