New Normal – PPG Univet Bantara Jalankan Pembelajaran E-Learning (Daring)

Mewabahnya COVID-19 menjadikan pembelajaran Pendidikan Profesi Guru (PPG) FKIP Univet Bantara beradaptasi dalam pelaksanaannya. Pembelajaran PPG yang sebelumnya sebagian besar diselenggarakan melalui tatap muka langsung di kelas, berubah berbasis dalam jaringan (daring) menggunakan jaringan internet. Dosen dan mahasiswa PPG bertemu secara online melalui Learning Management System (LMS) PPG.

Antar muka (interface) LMS PPG Tahun 2020

LMS PPG yang dipergunakan Univet Bantara dalam penyelenggaraan PPG Tahun 2020 adalah piranti lunak yang didesain untuk mewadahi seluruh perangkat pembelajaran PPG. Berbasis Moodle, LMS PPG dikembangkan oleh Tim Pengembang LMS yang dikoordinasikan oleh Direktorat Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (Dit. P3GTK), Ditjen. GTK, Kemdikbud. LMS yang dikembangkan ini terintegrasi dengan Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesionalan Berkelanjutan (SIMPKB) Ditjen. GTK, Kemdikbud. Seluruh pihak yang terlibat langsung, seperti pengelola PPG, dosen, dan mahasiswa terhubung dengan melalui LMS ini.

LMS PPG yang dipergunakan memiliki fitur untuk mengelola perangkat pembelajaran. LMS PPG memuat Rencana Pembelajaran, Bahan Ajar, Instrumen Evaluasi, Media Pembelajaran, Forum Diskusi maupun Percakapan/Chat. Kinerja mahasiswa serta dosen juga dapat dilakukan pemantauannnya melalui LMS PPG. Namun, untuk berjalannya sistem LMS PPG ini diperlukan adanya jaringan internet dan listrik yang stabil.

Tinggalkan Balasan